Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas secara umum mengenai alat potong kaca yang biasa dipakai dengan rutin di industri kaca. Namun, banyak sekali peralatan tersebut yang terlalu “advance” untuk difungsikan diluar dari pemain dari industri kaca sehingga untuk para hobbyist seperti aquarium dan lain-lain memiliki kesulitan untuk mengoperasikan peralatan tersebut.

Maka dari itu, artikel kali ini kita akan membahas lebih detail megenai alat potong kaca yang paling sederahana, yaitu pisau potong kaca atau yang sering dibilang oil feed glass cutter. Secara umum, jika kalian berencana untuk memotong kaca, kalian harus membagi kategori kaca yang akan dipotong menjadi 3 kategori, dan mempersiapkan mata pisau potong kaca yang sesuai dengan spesifikasi kaca tersebut.

Pisau Potong Kaca Standard

Untuk memotong kaca dengan ketebalan 5-8 mm, kita sarankan kalian mempersiapkan pisau potong kaca sederhana yang bisa kalian dapatkan ditoko online. Tapi kalian harus pastikan pisau tersebut memiliki durabilitas yang tinggi sehingga tidak mudah patah, dan memiliki mata pisau yang tajam sehingga tidak menimbulkan kegagalan yang sering dalam memotong kaca.

Pisau Potong Kaca Tebal

Sedangkan untuk memotong kaca dengan ketebalan dari 10 mm – 19 mm, kalian harus menggunakan mata pisau potong kaca “heavy duty”. Karena kaca dengan ketebalan tinggi, mengharuskan kita untuk memilih pisau potong yang bisa “cutting” atau menggoreskan pisau dengan lebih dalam diatas permukaan kaca tersebut untuk menghindari kegagalan potong.

Pisau Potong Kaca Tipis

Kategori terakhir adalah kategori untuk memotong kaca dengan ketebalan dibawah 5 mm, biasa sering dipakai untuk industri kaca patri dan juga kaca bermotif. Kita memerlukan pisau khusus untuk memotong kaca yang tipis karena kita harus menyesuaikan tekanan dari mata pisau ke permukaan kaca yang tipis. Jika memakai pisau potong umum, maka sering sekali kaca tersebut akan pecah ketika ditekan pada saat proses cutting.

Bagi kalian yang ingin mengetahui informasi mengenai informasi lebih lanjut, bisa kalian dapatkan di toko kaca terdekat dan distributor resmi dari Himalaya Abadi, yaitu Glassmart. Jika kalian kesulitan untuk mencari toko kaca terdekat, kalian juga bisa hubungi www.glassmart.co.id, maka team dari glassmart akan siap untuk melayani konsultasi produk tersebut ke tempat anda. Kalian juga bisa cek video dibawah ini untuk melihat demo dan tutorial memotong kaca.